PRABAWA

ARYA PRABAWA adalah putra patih Saragupita, mangkubumi negara Mandura pada masa pemerintahan Prabu Basudewa. Menurut pedalangan (Jawa) Arya Prabawa disebutkan sebabagi adik Patih Pragota. Sedangkan menurut Mahabhrata, Arya Pragota adalah putra Ken Sagupi dengan Arya Ugrasena/Prabu Setyajid, raja negara Lesanpura.
Arya Prabawa mempunyai perawakan tinggi besar dan gagah. Ia sangat ahli dalam ilmu pemerintahan dan ketetanegaraan. Ketika ayahnya meninggal, Arya Prabawa diangkat sebagai patih dalam/urusan pemerintahan negara Mandura dalam masa pemerintahan Prabu Baladewa. Ia mendampingi Arya Pragota yang menjabat sebagai patih luar. Sesudah berakhirnya perang Bhratayuda, oleh Prabu Baladewa, Arya Prabawa diberi wewenang penuh mengendalika roda pemeintahan negara Mandura. Hal ini karena Prabu Baladewa yang telah bergelar Resi Balarama, lebih banyak tinggal di negara Astina sebagai pengasuh dan penasehat utama Prabu Parikesit.
Akhir riwayat Arya Prabawa diceritakan; Ia ikut tewas dalam peristiwa perang gada sesama wangsa Yadawa, yang menewaskan seluruh keluarga wangsa Yadawa, Andaka dan Wresni, anak keturunan Pabu Yadu, pendiri negara Mandura dan cikalbakal wangsa Yadawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s