WARSIKI

WARSIKI  mem punyai arti  Seorang yang amatunggul akan kecantikannya.  Karena it u DewiWarsiki ditetapkan sebagai salah seorang dari tujuh bidadari upacara Suralaya yang selalumengiringi Sanghyang Manikmaya dalam setiapupacara resmi kedewatan. Keenam bidadalainnya adalah ; Dewi Supraba, DewiLenglengdanu, Dewi Irimirin, Dewi Gagarmayang,Dewi Tunjungbiru dan Dewi Wilutama.
Dewi Warsiki adalah satu dari 40 (empat puluh)orang putri Sanghyang Nioya dengan BatharDarmastuti. Salah seorang saudaranya, DewiUrwaci, yang merupakan bidadari paling seksi dkahyangan, menjadi kecintaan Bathara Guru.
Dalam  kisah Arjuna Wiwaha Dewi Warsiki pernah turun kearcapada bersama keenam bidadari upacara Suralaya lainnya melaksanakan perintah Sanghyang Indra, untuk membuyarkan atau menggagalkan Arjuna yangsedang bertapa di Goa Mintaraga, hutan Kaliasa di lereng gunung Indrakilo.
Karena kecantikannya, Dewi Warsiki pernah menggoncangkan Suralaya, ketikaBathara Kalagotama, putra Bathara Kala dengan Dewi Durga yang ingin memoeristriDewi Warsiki ditolak Bathara Guru. Perang tak dapat dihindarkan antara para dewaSuralaya melawan para raksasa dari Setragandamyit. Perang baru berakhir setelahSanghyang Narada turun ke arcapada dan meminta bantuan Resi Manumayasa daripertapaan Retawu, gunung Saptaarga. Dalam peperangan tersebut Manumayasaberhasil mengalahkan Bathara kalagotama dan kelima saudaranya, yaitu BatharaSiwahjaya, Bathara Kalayuwana, Bathara Kartinea dan Bathara Dewasrani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s